Mengatasi Tampilan Display LCD Projector Ngeblur

Mengatasi Tampilan Display LCD Projector Ngeblur

Sama halnya dengan berbagai perangkat keras lainnya, proyektor pun juga mempunyai masalah yang sering muncul. Sebenarnya berbagai kendala yang sering muncul pada proyektor ini bisa anda atasi sendiri tanpa perlu pergi ke tempat servis. Maka perbaikilah sendiri kerusakan pada LCD projector Anda sehingga Anda bisa memperpanjang umur proyektor tersebut sekaligus menghemat uang yang Anda miliki karena Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk menservisnya. Perangkat LCD projector didesain khusus untuk kemudahan penggunaan, serta memungkinkan konsumen untuk dengan mudah mengganti sendiri beberapa bagian di dalam perangkatnya tanpa memerlukan bantuan seorang teknisi khusus. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa memperbaiki sendiri LCD projector Anda.

  1. Bila proyektor tidak memancarkan gambar meskipun keadaannya sudah menyala, cobalah untuk mengencangkan penutup lampu dan filter udaranya. Pastikan juga kabel listrik sudah tersambung dengan benar ke dalam stop kontak. Pastikan pula stop kontaknya memang mengalirkan listrik.
  2. Bila proyektor baru saja dimatikan, jangan langsung mencoba untuk menyalakannya kembali karena hal tersebut akan merusak komponen-komponen elektroniknya. Tunggulah minimal 90 detik atau beberapa menit lebih lama hingga mesinnya mendingin sebelum mencoba untuk menyalakannya kembali.
  3. Bila proyektor tetap tidak bisa memancarkan cahaya meskipun indikator powernya sudah menyala, maka cobalah untuk mengganti lampu proyektornya. Beberapa proyektor juga dilengkapi dengan fitur lampu indikator kecil yang akan menyala-nyala bila mendeteksi adanya masalah pada lampu utama proyektor. Bila hal ini terjadi, copot penutup lampunya dengan obeng, kemudian cabut lampu proyektornya secara perlahan-lahan dan pasanglah lampu proyektor yang baru. Kencangkan hingga benar-benar terpasang, sambungkan kabel proyektor ke stop kontak, nyalakan proyektor, dan pastikan lampu yang baru tersebut bisa menyala dengan baik.
  4. Proyektor Anda terkadang juga bisa mengalami masalah overheat atau suhu yang terlalu panas di dalam body perangkatnya. Hal ini bisa terjadi terutama bila proyektor sudah berumur lebih dari beberapa tahun. Bila hal ini terjadi, simpanlah proyektor di tempat yang lebih terbuka dengan sirkulasi udara yang bagus agar udara bisa keluar masuk proyektor dengan baik dan mengurangi resiko kemungkinan terjadinya overheat kembali. Biasakan juga untuk mencabut kabel proyektor dari sambungan listriknya saat tidak sedang digunakan.
  5. Masalah overheating pada proyektor terkadang bisa disebabkan juga oleh filter udara yang kotor. Bila ini terjadi, bersihkanlah filter tersebut dengan pertama-tama mematikan proyektor, cabut kabelnya dari sambungan listrik, copot filter udaranya, dan bersihkan debu-debu yang ada di dalamnya dengan vacuum cleaner mini. Bila sudah, pasang kembali filter udara tersebut dan tunggu beberapa saat sebelum menyalakannya kembali.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda sudah melakukan troubleshooting sendiri terhadap masalah di proyektor Anda. Bila cara di atas tidak menyelesaikan masalah, atau masalah pada proyektor Anda terletak pada komponen sirkuit elektronik yang rusak, hubungilah teknisi khusus yang memang bisa menyelesaikan masalah tersebut.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *