Cara Mudah Mengatasi Lensa Projector Terbakar

Cara Mudah Mengatasi Lensa Projector Terbakar

Cara Mudah Mengatasi Lensa Projector Terbakar

Di zaman tekhnologi seperti sekarang ini projector sering digunakan dalam presentasi / diskusi. Baik itu dalam kantor (perusahaan kecil atau besar), kelas(sekolahan), komunitas, tempat ibadah umat beragama. Setiap projector yang telah diciptakan memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Terlepas dari hal tersebut alat tekhnologi memiliki konsumen tersendiri, selayaknya Anda pengguna alat tekhnologi (projector).

Semua orang tentunya sudah paham akan prinsip perusahaan menciptakan barang ada batasannya (umur), di saat barang tersebut sudah memasuki umurnya maka Anda harus menyervice atau membeli yang baru. Namun apabila Anda bisa memperbaiki sendiri kenapa tidak ?. Maka dari itu pentingnya pengetahuan Anda tentang alat tekhnologi yang Anda miliki.

Di Indonesia penggunaan projector hampir merata di seluruh wilayah. Hal tersebut merupakan salah satu alasan kami membuka tempat service maupun jual beli projector. Dan blog ini kami update untuk membagi informasi yang kami ketahui agar lebih bermanfaat pastinya. Lensa projector terbakar, apakah penyebabnya ?. Apa Anda mengetahuinya ?. Dan bagaimana cara mengatasinya ?. Ada beberapa penyebab lensa projector terbakar, salah satunya adalah lensa ditutup kertas saat digunakan. Jika Anda belum memahami tentang projector baiknya Anda membawa ke tempat service terdekat. Berikut kami sarankan tips perawatan projector.

Mematikan LCD Proyektor dengan Aman

  1. Tekan Tombol “ON” sebanyak 2 (dua) kali.
  2. Tunggu kurang lebih 5 menit sampai sampai lampu orange di bagian LAMP dan FAN padam.
  3. Matikan Tombol Power di samping kabel power di bagian belakang LCD Proyektor (langkah ini dilakukan jika terdapat tombol power tersebut).
  4. Lepas kabel Power dan kabel VGA.

Tips Perawatan

  1. Bersihkan lensa dengan menggunakan lens cleaning paper.
  2. Bersihkan bodi proyektor menggunakan kain lembut yang bersih, khusus untuk debu yang membandel gunakan cairan pembersih khusus pada kain lap.
  3. Menyimpan proyektor sebaiknya pada tempat yang kering dan tidak terlalu lembab, lebih disarankan disimpan didalam tas aslinya.
  4. Membawa proyektor lengkap dengan tasnya ketika dipindahkan ke tempat yang jauh.
  5. Selalu memperhatikan informasi lampu di Setting > Information > Lamp Time Hours untuk mempersiapkan penggantian lampu.

Instruksi Khusus

  1. Jangan mematikan LCD Projector sebelum lampu LAMP dan FAN padam, hal ini akan membuat rusak lampu projector yang harganya saat ini masih mahal.
  2. Jika tampilan layar tidak menampilkan tampilan sesuai komputer dan hanya tertulis “No Signal”, restart komputer, dan coba dua kemungkinan; komputer dihidupkan terlebih dahulu, atau LCD Projector yang dihidupkan terlebih dahulu.
  3. Sebelum menggunakan proyektor sebaiknya membaca buku petunjuk penggunaan terlebih dahulu.
  4. Jangan melihat secara langsung lensa proyektor saat kondisi hidup, karena akan membahayakan bagi mata.
  5. Selalu membuka penutup lensa saat proyektor dalam kondisi hidup.
  6. Sebaiknya menggunakan stabilizer atau UPS untuk menghindari kerusakan akibat hilangnya/matinya sumber listrik secara tiba-tiba.
  7. Jangan meletakkan proyektor di tempat yang tidak stabil, karena akan jatuh atau rusak.
  8. Jangan menutup lubang ventilasi dengan peralatan yang akan menghalangi proses pendinginan, karena akan memperpendek masa pakai LCD Proyektor.
  9. Jangan meletakkan peralatan lain diatas proyektor.
  10. Jangan menutup lensa dengan bahan yang mudah terbakar saat proyektor hidup.
  11. Jangan meletakkan cairan didekat proyektor maupun listrik.

Demikian blog kali ini semoga bermanfaat. Apabila postingan kurang baik silahkan beri saran. Terimakasih.

Salam

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *