Akibat Projector Jarang Dipakai

Akibat Projector Jarang Dipakai

Seperti hal alat elektronik mayoritas, apabila projector jarang dipakai akan ada akibat yang ditimbulkan. Setiap instansi resmi memiliki projector untuk berbagai kebutuhan seperti presentasi, namun bagi kalangan masyarakat biasa juga banyak yang telah menggunakan projector. Memang, harga projector di era modern seperti sekarang dianggap tidak begitu tinggi. Ada pilihan tersendiri atas kebutuhan tiap user, pilihan tersebut dapat dilihat dari segi ruang, waktu, dan penggunaan. Setiap projector memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Hal tersebut berimbas pada harga yang dimiliki.

Ada beberapa macam projector, seperti mini projector dan projector pabrikan maupun sekolahan. Dari berbagai macam projector tersebut ada yang  jenis LED Projector, DLP Projector, dan LCD Proector. Dapat lagi dijabarkan dalam bentuk merk. Di tahun sekarang ada berbagai merk projector yang bersaing dalam perdagangan internasional, diantarnya merk Panasonic, Hitachi, Epson, Toshiba, Viewsonic, BenQ, Infocus, NEC, dsb.

Di setiap jenis projector di atas dirakit dengan tekhnologi yang berbeda. Misalnya dari jenis projector DLP (Digital Light Processing) adalah perangkat display berbasis teknologi micro-electro-mechanical optik yang menggunakan perangkat micromirror digital. Biasanya apabila jenis projector tersebut jarang dipakai akan berakibat pada DMD Chip (salah satu spare parts penyusun DLP projector). Gejala yang terjadi tampilan berbintik pada DLP Projector.

Sedangkan pada jenis projector LCD (Liquid Crystal Display) biasanya mengirimkan cahaya dari lampu halida logam melalui prisma atau rangkaian filter dichroic yang memisahkan cahaya ke tiga panel polisilikon, masing-masing untuk komponen merah, hijau dan biru pada video. Sebagai cahaya terpolarisasi melewati panel (kombinasi polarizer, panel LCD dan penganalisis), piksel individu dapat dibuka agar cahaya bisa lewat atau tertutup untuk menghalangi cahaya. Kombinasi piksel terbuka dan tertutup dapat menghasilkan berbagai warna pada gambar yang diproyeksikan. Dengan tekhnologi tersebut akibat jarang dipakai pada lcd projector ini pada tampilan. Tampilan yang dihasilkan warna tidak sempurna, biasanya hanya menampilkan satu warna saja seperti warna merah. Dan juga bisa menampilkan tampilan yang berbayang atau ngeblur bahkan terlihat seperti berair.

Setelah kita memahami semua tekhnologi dala projector semoga kita bisa lebih pandai memilih projector mana yang aman kita gunakan.

Semoga bermanfaat.

Salam,

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *